Cara Membuat LED Berjalan Dengan IC NE555 & IC 4017

Cara Membuat LED Berjalan Dengan IC NE555 & IC 4017 - Ko lampu bisa jalan ya? Hehe maksudnya bukan lampunya jalan-jalan sendiri.., jadi di dalam rangkaian yang nanti kita akan buat ada beberapa buah led, nah lednya itu akan nyala bergantian secara urut.
Misal kita susun 6 buah led sejajar dari kiri ke kanan, pada awalnya led yang paling kiri (kita anggap aja led1) menyala. Terus ketika led2 menyala, led1 mati, dst. 
Jadi dalam satu waktu cuma satu led aja yang nyala. Dan itu akan berulang selama ada catuan yang kita beri.

ini skemanya


Skema udah ada tinggal merangkai.. Ok.. langsung ke bahan yang diperlukan

LED     : 6 buah (warna bebas, terserah jumlahnya kalo mau lebih)
Ic NE555N    : 1 buah (ini ic clocknya)
Ic HEF 4017BP  : 1 buah (ini ic buat pengurutnya, kalo ga ada yang sama persis bilang aja ic 4017)
Resistor  3Kohm : 1 buah (boleh lebih tinggi atau rendah tergantung kebutuhan)
Kapasitor polar 22uf (22 mikro farad) : 1 buah
Potensiometer 50Kohm : 1 buah (variable resistor, buat ngatur-ngatur pergantian nyala LED, bisa cepat atau lambat )
Catuan 9 volt    : 1 buah (boleh pakai baterai, berarti sekalian beli kancing baterainya jangan lupa.. hehe)
Saklar   : 1 buah (terserah mau pake atau engga)
Poject board  : 1 buah (kalo percobaan mendingan pake ini, kan klo salah tinggal cabut aja..)
Kabel jumper (bebas mau berapa meter, tinggal dipotong kecil-kecil aja)

Alhamdulillah.. udah dicoba dan berhasil ko :) . mudah-mudahan pada bisa berhasil ya..
Tag : lampu LED
0 Komentar untuk "Cara Membuat LED Berjalan Dengan IC NE555 & IC 4017"
Back To Top