Pengertian dan Fungsi Dioda

Pengertian dan Fungsi Dioda - Dioda adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk mengalirkan arus hanya dalam satu arah saja. Dioda adalah sambungan bahan P-N yang berfungsi terutama sebagai penyearah. Bahan tipe-P menjadi sisi anode sedangkan bahan tipe-N menjadi katode.

Bergantung pada polaritas tegangan yang diberikan kepadanya, diode bisa berlaku sebagai sebuah saklar tertutup (apabila bagian anode mendapatkan tegangan positif sedangkan katodenya mendapatkan tegangan negatif) dan berlaku sebagi saklar terbuka (apabila bagian anode mendapatkan tegangan negatif sedangkan katode mendapatkan tegangan positif).


Kondisi tersebut terjadi hanya pada diode ideal-konseptual. Pada diode faktual (riil), perlu tegangan lebih besar dari 0,7V (untuk diode yang terbuat dari bahan silikon) pada anode terhadap katode agar diode dapat menghantarkan arus listrik. Tegangan sebesar 0,7V ini disebut sebagai tegangan halang (barrier voltage). Diode yang terbuat dari bahan Germanium memiliki tegangan halang kira-kira 0,3V.






Tag : Dioda
0 Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Dioda"
Back To Top